Saturday, April 23, 2016

Harga Saham Masih Naik. Beli, Jual, atau Bengong?

Sebelum membaca pos ini, ada baiknya anda baca dulu pos "Saham Naik. Beli, Jual, atau Bengong?"

Misalkan saham AAPL selama 6 bulan terakhir bergerak di kisaran Rp 1.000 dengan harga paling tinggi Rp 1.050 dan harga paling rendah Rp 950.

Misalkan juga kemarin saham AAPL naik ke harga Rp 1.100 dengan volume transaksi 10x rata-rata. Dan hari ini saham AAPL masih lanjut naik dan beberapa saat sebelum market Close, harga AAPL bertahan di Rp 1.250.


Skenario I: Anda tidak punya saham AAPL

Pilih mana:

1. Beli langsung AAPL di  1.250.
2. Antri beli (bid) AAPL di harga < 1.250. (Kalau tidak dapat hari ini, anda berencana akan antri beli lagi besok.)
3. Tidak antri beli karena anda khawatir AAPL sudah kemahalan dan harganya akan turun.
4. Tidak melakukan apa-apa (alias bengong) karena tidak tahu apa yang sebaiknya dilakukan.


Skenario II: Anda sudah punya saham AAPL.

A. Anda beli saham AAPL 9 bulan lalu di harga 1.100.

Pilih mana:

1. Jual semua saham AAPL (yang anda punya).
2. Jual sebagian saham AAPL.
3. Tidak jual sama sekali karena masih yakin AAPL masih akan naik.
4. Beli lagi AAPL langsung di 1.250.
5. Antri beli (bid) AAPL di harga < 1.250.
6. Tidak melakukan apa-apa (alias bengong) karena tidak tahu apa yang sebaiknya dilakukan.


B: Anda beli saham AAPL kemarin di harga 1.100.

Pilih mana:

1. Jual semua saham AAPL (yang anda punya).
2. Jual sebagian saham AAPL.
3. Tidak jual sama sekali karena masih yakin AAPL masih akan naik.
4. Beli lagi AAPL langsung di 1.250.
5. Antri beli (bid) AAPL di harga < 1.250.
6. Tidak melakukan apa-apa (alias bengong) karena tidak tahu apa yang sebaiknya dilakukan.


Silahkan pilih dengan menulis komentar.

Pos tanggapan akan saya tulis kalau sudah ada sekurang-kurangnya 25 orang memberikan pilihan.

Jawaban yang disertai penjelasan detil dan alasan mengapa anda memilih yang anda pilih akan saya komentari satu-per-satu SETELAH saya menulis pos tanggapan.






Pos-pos yang berhubungan:
[Pos ini ©2016 oleh Iyan terusbelajarsaham.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.]

6 comments:

  1. untuk skenario 1, saya pilih opsi 3
    skenario 2-A dan B, saya pilih opsi 2

    ReplyDelete
  2. Beli saham AAPL di harga 1250, karena volumen transaksi sangat tinggi. kondisi AAPL uptrend, sehingg kemungkinan akan melanjutkan relli kenaikan.

    ReplyDelete
  3. skenario 1. no3 karena saham sudah 2 hari naik takut terjadi koreksi akibat profit taking
    skenario 2. a. 2.jual sebagian taking profit dan jika terjadi koreksi bisa buyback
    b. jual sebagian taking profit dan jika terjadi koreksi bisa buyback

    ReplyDelete
  4. Siang, pak Iyan..
    Saya baru 1bln ini mulai belajar saham dan hampir semua materi tulisan pak Iyan sudah saya baca. Terimakasih untuk ilmunya krn mudah dipahami dan sangat berguna bagi saya yg mulai belajar. Saya coba jawab, pak.
    Skenario 1 :
    saya pilih 1 dgn lgsg tentukan cut loss di 1050 (beli di 1250) krn hrg sudah tembus sideway resistance 1050 kemungkinan cenderung naik dgn kenaikan vol 10x dan berhasil naik lg di hr esoknya ke 1250.
    Skenario 2 :
    A. saya pilih 4 dgn alasan sama skenario 1. Saya sanggup hold 9bln kenapa ga diterusin kan tanggung dah nunggu lama? hehehe
    B. saya pilih 4 dgn alasan sama skenario 1.
    Mohon pak Iyan koreksi jg tidak/kurang tepat. Maju terus semangat untuk berbagi ilmunya dan semoga bukunya cepat dirilis. Makasih, pak.

    ReplyDelete
  5. Halo, Pakdhe Iyan.
    Saya izin menjawab, Pakdhe.

    Skenario I : No. 1 (beli setengah dari target lot). Setengahnya antri di bawah 1250 (kalau dapat).

    Skenario II A : (Ini Nyangkuter atau emang Trading Plan dengan Batas Waktu lebih dari 9 bulan?). Tapi saya pilih No. 3 (Karena Trading Plan saya - misalnya - 12 bulan dan Target Harga Jual belum tercapai).

    Skenario II B : No. 3 (dengan alasan yang sama untuk Skenario II A).

    Demikian, Pakdhe Iyan. Terima kasih. Salam...

    ReplyDelete
  6. Skenario 1 = jawaban no.1
    Skenario 2 = jawaban no.2
    Skenario 3 = jawaban no.3

    ReplyDelete

Pertanyaan dan komentar anda akan saya jawab sesegera mungkin. Maaf, saya tidak menerima pertanyaan dan komentar anonim/unknown. Promosi, iklan, link, dll, apalagi hal-hal yang tidak berhubungan dengan main saham TIDAK AKAN ditampilkan.